Articles

Dilarang Membuang Iman Sembarangan!

In Dari meja gembala on October 17, 2008 by kalamkudustimika

Bacaan Alkitab >> Ibrani 10: 35-39

Sebab itu janganlah kamu melepaskan kepercayaanmu, karena besar upah yang menantinya (ayat 35,

Tanda peringatan “Dilarang membuang sampah sembarangan!” sudah barang tentu sering dijumpai terpampang di tempat-tempat public. Tanda ini dipasang oleh Dinas Tata Kota karena mereka memahami bahwa banyak orang membuang sampah begitu saja di mana saja hanya karena malas berkorban mengeluarkan ekstra tenaga untuk berjalan ke tong sampah. Di beberapa negara, orang yang membuang sampah sembarangan akan dikenai sanksi berupa membayar denda uang.
Hari ini di depan pembaca terpampang peringatan “Dilarang membuang iman sembarangan!” Peringatan ini bukan dikeluarkan oleh Dinas Tata Kota, melainkan oleh Allah melalui firman-Nya. Dan bagi mereka yang membuang (melepas, apoballō) imannya, maka dia akan dikenakan sanksi, yaitu tidak akan mendapat berkat dari Allah (upah yang menanti).
Bagi Allah, menjaga (memegang teguh) iman kepercayaan adalah perkara yang sangat penting. Ia senang dengan orang yang menaruh harap/ mempercayakan dirinya seutuhnya kepada Kristus, tanpa meragukan sedikitpun kesanggupan, kemahakuasaan, dan kepedulian-Nya (ayat 38).
Allah tahu bahwa tidak mudah bagi anak-anak-Nya, yang nota bene masih hidup dalam daging, untuk selalu beriman dan percaya penuh 100% kepada-Nya. Itu sebab-Nya Allah memberikan salah satu rahasia kunci menjaga iman, yaitu mau menunjukkan ketekunan (hupomonē, diterjemahkan: sabar menanggung derita oleh karena nama Kristus). Ketekunan atau kesabaran ini sesungguhnya merupakan bukti kasih dan ketaatan seseorang kepada Allah (1Kor. 13: 7, Ef. 4: 2). Orang yang percaya kepada Tuhan harus mau berkorban mengeluarkan ekstra tenaga, tidak hanya untuk menahan diri/emosinya dikala ia diejek/difitnah, tetapi juga untuk tetap setia pada pelayanannya sekalipun ia dihimpit oleh berbagai pergumulan hidup, dan tetap konsisten mengisi diri dengan firman Allah sekalipun ia adalah orang super sibuk. Tidak ada ketekunan, Tidak ada berkat Tuhan.

Advertisements

One Response to “Dilarang Membuang Iman Sembarangan!”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: